18 Januari 2009

HATI-HATI PERAMPOK PULSA


Saya kaget bukan kepalang waktu liat tagihan kartu halo bulan Januari 2009 mencapai Rp 263.000,-. Sudah lama sekali saya tidak pernah dapat tagihan melebihi Rp 150.000,-. Ini tiba-tiba melebihi 200 ribu.

Kata istri saya, biaya internetan yang gede sampe 90 ribuan. Waktu itu saya mengiyakan karena belom sempet baca billingnya. Saya ingat, waktu pergi ke Kebumen, klo lagi BT saya selalu pencet-pencet HP melulu. Ngapain lagi.. kalo bukan browsing. Mungkin itu yang membuat tagihan bengkak.

Tapi..
saya sebenarnya pake kartu halo utk internetan ga pernah lama (paling 5 menit, itu juga WAP). Di Kebumen saya beli kartu perdana Simpati PD. Khusus untuk browsing. Nah, kartu inilah yang sebetulnya selalu saya pake, kartu halonya saya copot dulu. Gantian.

Makanya saya jadi agak penasaran, apa sih yang bikin mahal tagihan? Kartu Halo kan udah ga dipake utk internetan. Usut punya usut, di billing saya lihat ada baris tagihan SMSPUSH 2200, sejak tanggal 12 Desember 2008 sampe tanggal 10 Januari 2009. Lalu disitu terlihat tarifnya. Haaaah!! Rp 2.200! Saya hitung semuanya ada 31 kali. Berarti total Rp 2.200 x 31 = Rp 68.200. Apa-apa ini? Siapa sih smspush?

Saya ingat-ingat, rasanya saya belom pernah daftar kuis, ato undian, dan hal-hal yang sejenis. Lalu saya perhatikan billing lagi dengan lebih seksama. Mata saya tertuju pada baris tagihan tanggal 12 Desember 2008 jam 18:21. Lalu saya lihat rekaman SMS di HP saya untuk cocokin. Ketemu! Di HP ada sms pada waktu tsb dari nomer 9779. Isinya apa coba? Wong cuma informasi lagu-lagu untuk dijadikan ringtone. Setiap hari 2 sms masuk. Di sms tertulis "Ressa Herlambang- Arti Cintamu" lalu tertera link untuk downloadnya yaitu http://www.spotbee.com/category/trueringtone. Di waktu yang lain beda lagi "Andra & The Backbone-Sempurna". Apa urusannya saya dikirimin sms soal itu!

Astaghfirullah. Saya, setelah tahu masalahnya, langsung telp. ke 111. Tapi sibuk terus...lalu saya cari di google. Ternyata itu memang sms perampok pulsa. Di google udah banyak yang cerita sperti itu. Sama masalahnya yaitu "Saya kan ga pernah register!" Ini sms tiba2 datang setiap hari 2 kali. (koq telkom ga memfilter yang kaya gini seh?). Kirain gratis. Saya diamkan saja. Saya hub. 111 maksudnya mo ngomel. Tapi berhubung sibuk ya..saya coba bales dengan mengetikkan "STOP" kirim ke no. 9779. Alhamdulillah...dateng jawaban "Anda telah berhenti berlangganan sms push di 9779". Konyol kan? Kapan juga gw daftar? Dodol!

'Ala kulli hal..saya sih nyeselnya tuh duit 68 rebu terbuang sia-sia. Mending buat nambahin infaq ke Palestina. Tapi...ya udah...biarin dah. Buat siapapun yang punya HP, hati-hati jika ada sms seperti itu, segera cek ke Customer Service, atau coba sendiri berhenti dengan mengetikkan "STOP" atau "UNREG" bales ke nomor pengirim. Jika gagal, tanya CS nya. Jika CS nya nggak ngerti, omelin, marahin. Jika...(duh jadi emosi nih.)

Pokoke....STOP!!! JANGAN RAMPOK DUIT SAYA!


Artikel Terkait:

4 komentar:

  1. Oalaaaaa..... nasib mu bang Naf..... moga-moga tu orang yang ngirimin sms bisa insyaf deh...!!! gak usah do'a-in apa-apa deh....

    BalasHapus
  2. Moga2 ga ada korban lagi brooo.....

    BalasHapus
  3. wah ini yang saya cari,,, saya juga kena tuh bos...

    BalasHapus
  4. Pulsa Elektrik Murah, mampir gan silahkan kesini, mending pake prabayar aja he..he..

    BalasHapus

Silakan komennya!