20 Mei 2010

My First Architectural Project...

Alhamdulillah, baru mulai kuliah di jurusan arsitektur, eh dah dapet klien yang minta dibuatkan desain rumah. Ukuran bangunan 13 x 13 m2 minta desain rumah minimalis 2 lantai. Saya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Dengan percaya diri saya sambut permintaan Pak Rudi yang minta dibuatkan desain rumahnya di daerah Bintaro. 


Sekali lagi saya bersyukur karena banyak sekali pembelajaran yang saya dapatkan ketika menangani proyek ini. 

Pertama, saya yang sebelumnya tidak bisa menggunakan SketchUp sekarang jadi bisa. Ya, saya memang menggunakan SketchUp buatan Google itu. Ternyata SketchUp sangat mudah dan saya benar-benar seperti sedang mendesain brosur saja. 

Kedua, hal lain yang juga dapat saya pelajari yaitu ternyata kemampuan berkomunikasi dengan klien sungguh sangat membantu keberhasilan menyelesaikan proyek. Alhamdulilah lagi, saya sudah terbiasa dengan itu ketika menghadapi klien untuk proyek desain grafis selama lebih dari 10 tahun. Ternyata sama saja pola penanganannya. Dan skill utamanya adalah kemampuan MENDENGARKAN.

Ketiga adalah tentang promosi. Saya tidak akan mendapatkan proyek ini jika saya tidak memberi tahu Pak Rudi bahwa saya sekarang bisa menangani jasa desain arsitektur. Karena itu, jangan ragu dan malu untuk memperkenalkan diri siapa kita dan skill apa yang kita miliki yang bisa membantu masalah orang lain. Hal itu bisa kita lakukan baik secara lisan maupun tuisan kepada siapa saja dan di mana saja.

Waktu yang saya butuhkan untuk menyelesaikan desain rumah ini cukup 1 bulan sampai acc. Itu karena saya mengerjakannya paralel dengan pekerjaan desain grafis yang memang lagi numpuk.  Selain itu klien juga sibuk jadi saya hanya sempat ketemuan 4 kali. Jika fokus hanya menangani satu proyek saja dan menggunakan SketchUp! rasanya ga perlu 1 bulan, 1 hari pun cukup.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komennya!