01 Juni 2011

Pelajaran Setelah Tiga Tahun Ngeblog

Sebenarnya saya sudah mulai ngeblog sejak tahun 2008. Postingan pertama saya adalah tanggal 17 Maret 2008 tentang desain poster SPMB 2008. Waktu itu saya masih membuat desain untuk Bimbel Nurul Fikri Jakarta. Berarti hingga hari ini umur blog ini adalah 3 tahun lebih. Setelah tiga tahun berlalu, 23 Mei kemarin, saya memberikan nama baru untuk blog saya ini yaitu www.tukangeblog.com. Sebelumnya selama tiga tahun lebih saya menggunakan nama www.mh-nafi.blogspot.com.

Blog ini sedianya saya buat untuk sharing apa saja yang saya ketahui tentang desain grafis dan percetakan. Namun karena terlalu sibuk melayani pelanggan, baik online maupun offline, saya tidak bisa menerbitkan tulisan secara rutin. Walhasil selama 3 tahun usia blog ini, jumlah postingannya baru mencapai 48 artikel. Berarti jika dirata-rata, saya baru bisa memposting artikel cuma 1 artikel/bulan. Sangat jauh dari yang seharusnya.



Pelajaran apa yang dapatkan selama 3 tahun?
Pertama, berbagilah hanya hal yang sungguh bermanfaat bagi orang lain. Asas manfaat inilah yang membuat artikel disukai orang. Buktinya, meskipun jumlah artikel cuma sekitar 48 saja, namun untuk urusan SERP, alhamdulilah blog ini selalu di halaman pertama untuk keyword "tutorial spanduk, ukuran spanduk, brosur bimbel".  Artikel yang paling banyak dibaca adalah Tutorial Mendesain Spanduk Digital. Sejak diposting tanggal 3 Mei 2009, jumlah penayangannya hingga hari ini mencapai 2.802 kali. Postingan itu yang membuat blog ini masih bisa muncul di halaman depan google search. Sebab artikel itu juga saya posting di isssu.com dan ternyata sumber trafik banyak berasal dari issuu.com itu.

Ini sekaligus memberikan pelajaran kedua kepada saya bahwa memposting artikel ke situs-situs yang trafiknya tinggi sangat membantu menambah jumlah pengunjung. Selain itu, ada juga sumber trafik yang berasal dari id.answer.yahoo.com. Ada orang bernama sha2 bertanya tentang bagaimana membuat spanduk digital dengan photoshop. Lalu ada orang yang bernama Innate Idea, menjawab dengan sukarela dan langsung menyebut referensi ke blog ini. Belakangan yang saya tahu bahwa ternyata menjawab pertanyaan di yahoo answer  merupakan salah satu cara untuk meningkatkan trafik. Dan kita bisa melakukan itu sendiri tanpa harus menunggu orang lain yang melakukannya untuk kita.

Postingan favorit di-copy paste blogger lain
Terkait dengan postingan yang berisi tentang Tutorial mendesain spanduk, ada orang yang men-copas artikel itu tanpa etika sama sekali. Artikel saya diambil tetapi tidak mencantumkan sumbernya. Padahal saya telah menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat tutorial semacam itu. Tetapi...yah.. sudahlah. Saya sih niatnya memang mau berbagi. Artinya jika ada orang yang mendapat manfaat dari apa yang saya sajikan, tentu saja saya sangat bersyukur.

Namun masalahnya justru ada di orang yang melakukan copy paste tanpa etika itu. Saya kasihan karena orang itu akan terinfeksi virus "kurang kreatif".  Semakin sering melakukan itu, kreatifitasnya semakin tumpul.

Belajar Komitmen
Oke kembali ke laptop....! Saya akan memperbaruhi komitmen saya mengisi blog ini dengan artikel yang bermanfaat. Tidak ada yang lebih utama selain bagaimana memperkuat komitmen ini. Karena selama 3 tahun berjalan, menurut saya poin inilah yang masih kurang. Ini juga menjadi pelajaran bahwa memang lebih sulit mempertahankan komitmen ketimbang memulainya.

Bagaimana memelihara komitmen untuk terus ngeblog di tengah kesibukan melayani pelanggan? Saya tahu ini memang tidak mudah. Namun visi yang jelas yang dimiliki oleh seorang blogger akan membuat komitmen jadi mudah.

Bagaimana dengan Anda?

Artikel Terkait:

2 komentar:

Silakan komennya!