07 Maret 2012

Astaghfirullah...! Nggak Terasa Sudah Satu Bulan Berlalu Tanpa Postingan Baru

Saya sudah membahas panjang lebar masalah yang terkait dengan rasa malas. Saya pikir dengan membahas hal itu saya jadi bisa mengatasi rasa malas. Ternyata sekarang ini saya masih bisa terjebak dalam kubangan rasa malas itu. Buktinya jelas, postingan baru hampir sebulan tidak muncul-muncul. Padahal target blogging saya di blog ini untuk tahun 2012 adalah satu postingan per pekan.

Saya paham memang ini bukan suatu yang mengherankan. Kata orang, "Mengetahui suatu jalan ternyata benar-benar berbeda dengan berada di jalan itu".  Saya sungguh sudah bisa memahami kalimat tersebut. Dengan kata lain, meskipun saya sudah tahu cara mengatasi rasa malas, namun bukan berarti serta merta saya bisa menerapkannya. Dan sekarang ini saya sudah merasakan betapa akhirnya saya tidak berdaya melawan rasa malas yang sudah pernah saya kupas tuntas itu. Sehingga sebulan penuh saya tidak mengupdate blog ini.

Merasakan Manfaat Ngeblog
Akan tetapi saya jadi semakin yakin bahwa ngeblog adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Saya merasakan itu sekarang. Saya coba membuka-buka lagi postingan saya tentang kemalasan. Alhamdulillah akhirnya saya seperti mendapat pencerahan oleh postingan saya sendiri.

Saya jadi ingat kembali situasi yang melatar belakangi munculnya postingan itu. Saya memang waktu itu sedang berjibaku melawan rasa malas. Alhamdulillah saya menemukan jalannya. Lalu saya sampaikan caranya dalam bentuk postingan di blog ini. Alhamdulilah saya bisa sadar kembali.

Sebenarnya penyebab saya libur posting adalah karena terlalu fokus pada hal yang lain. Awalnya adalah masalah manajemen waktu. Saya tidak bisa mengatur disiplin dengan baik. Lama kelamaan saya merasakan ketidakseimbangan.  Dan itu benar-benar membuat saya tidak nyaman.

Saya sibuk mengurus blog saya yang lain dan mencoba bikin blog baru dalam rangka menjajaki optimasi Google Adsense. Namun sepertinya saya jadi keletihan sendiri. Selain itu saya berharap terlalu banyak pada satu hal. Ketika sesuatu hal itu tidak sesuai dengan harapan saya, maka yang muncul adalah rasa kecewa. Dan kekecewaan itulah yang membut jadi malas. Ada perasaan sia-sia karena keletihan tidak terbayar dengan maksimal.

Itulah akibat terlalu fokus pada imbalan materi. Harapan terhadap itu memang harus ada namun tidak boleh menjadi hal yang utama. Lebih baik saya meluruskan niat agar terus terjaga semangat untuk memberi kontribusi kebaikan sekecil apapun terhadap jagat maya ini.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komennya!