02 September 2013

Niat Nggak sih Kamu?

Ketika sering mengalami hambatan dan akhirnya gagal, banyak orang mempertanyakan," Sebenernya, niat ga sih kamu?". Pertanyaan itu muncul ditujukan kepada seseorang yang sepertinya mau dan punya keinginan tetapi tidak semangat atau mudah patah semangat. Mereka punya niat tetapi niatnya itu tidak bisa membuat semangat terus menyala. Karena itu niat saja tidak cukup, dibutuhkan hal lain untuk bisa mencapai tujuan. Apa itu? Simak terus ya..!

Dan sesungguhnya telah Kami perintahkan kepada Adam dahulu, maka ia lupa (akan perintah itu), dan tidak Kami dapati padanya kemauan yang kuat. (QS Thaha(20) : 115)


Niat  sama dengan Kemauan.
Niat tidak sama dengan kemauan. Punya niat belum tentu punya kemauan. Niat awal memang melahirkan kemauan, tetapi tidak serta merta berupa kemauan yang kuat. Yang membuat niat terus menyala menjadi tindakan terus menerus adalah kemauan yang kuat.

Niat => motivasi  = apa yang membuat kita mulai melangkah. Kemauan kuat => komitmen = apa yang membuat kita bisa terus melangkah. Jadi sekali lagi, niat saja tidak cukup. Kita membutuhkan kemauan yang kuat atau komitmen agar bisa terus melangkah mencapai apa yang kita inginkan.

Akan tetapi niat itu tetap hal yang penting dan utama. Karena niat memberikan arah.  Ibarat sedang menaiki tangga keberhasilan, maka niat itu memberikan kejelasan ke tembok mana kita ingin menyandarkan tangga keberhasilan kita. Niatlah yang memberikan nilai pada kemauan kuat, kesabaran dan ketekunan. Alangkah ruginya manusia bila kemauan kuat, kesabaran dan ketekunannya dalam menaiki tangga keberhasilan ternyata sia-sia karena tangganya itu bersandar pada tembok yang salah.

1. "Demi Masa" 2. "Sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi".3. "Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran" (Al-Ashr : 1-3)

“Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu Karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya”.

Kemauan kuat melahirkan komitmen.
Jika arah sudah benar, maka bentuk komitmen seperti sabar, tekun dan tawakal meniti jalan mencapai tujuan menjadi sangat bernilai. Komitmen untuk terus menaiki anak tangga keberhasilan mencapai tujuan. Proses menaiki anak tangga itu memerlukan semangat yang bisa menghasilkan kesinambungan dalam mempertahankan motivasi dan niat.

Jadi jika ada orang yang mengucapkan "Wah.. ga niat ni orang.." Mungkin maksudnya adalah bukan tidak punya niat tetapi tidak punya kemauan yang kuat.



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komennya!