03 Juni 2011

Meningkatkan Kemampuan Menghafal dan Mengingat

Otak manusia memang sungguh ajaib. Allah SWT telah menciptakan mahluknya yang bernama manusia menjadi fii ahsani taqwiim, bukan cuma wujud fisiknya melainkan juga karena keistimewaan isi kepalanya.  Otak manusia mengandung satu triliun sel, termasuk 100 miliar sel saraf aktif (neuron) dan 900 miliar sel lain yang merekatkan, memelihara, dan menyelubungi neuron. Setiap satu dari 100 miliar neuron tersebut dapat tumbuh bercabang hingga sebanyak 20.000 cabang (dendrit). Cabang yang seperti sebuah pohon ini berfungsi menyimpan informasi. Kehebatan lain: sel otak aktif mampu membentuk koneksi (sinapsis) dengan kecepatan yang luar biasa: 3 miliar per detik. Koneksi tersebut adalah kunci kekuatan otak. Dengan mengenali otak Anda yang mengagumkan ini, Anda akan sadar bahwa Anda adalah pemilik komputer yang sangat canggih. Bahkan, otak Anda itu beribu kali lebih hebat daripada komputer terhebat di dunia.

Kemampuan memori otak manusia yaitu 10800 (angka 1 diikuti angka 0 sebanyak 800). Hardisk komputer yang sekarang beredar baru sebesar 200 TB (terrabyte), belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan memori otak manusia. Karenanya ini menjadi modal yang patut disyukuri dengan memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Fungsi otak selain untuk berpikir, menganalisa, berimajinasi juga untuk menyimpan informasi. Proses memasukkan informasi ke dalam otak disebut menghafal. Mengeluarkan atau memanggil informasi kembali disebut mengingat.

Namun meskipun otak kita luar biasa mengapa tidak semua orang bisa menjadi luar biasa? Itulah yang ingin saya sampaikan pada postingan kali ini. Bagaimana meningkatkan kemampuan menghafal dan mengingat. Mengapa ini penting? Memang fungsi otak bukan cuma untuk menghafal. Ini hanyalah salah satu saja dari begitu banyak hal yang bisa kita lakukan dengan otak kita. Karena keterbatasan waktu dan tempat, fungsi otak yang lainnya akan saya bahas pada postingan lainnya. Jadi sekarang saya akan fokus kepada bagaimana meningkatkan kemampuan menghafal dan mengingat.

Menghafal Al-Qur'an
Memang banyak hal yang bisa dihafal. Namun dalam postingan kali ini saya akan mempersempit lagi yaitu bagaimana cara menghafal Al-Qur'an. Sebab saya sedang mencoba melaksanakan tips ini juga. Dan kebetulan setelah googling sana sini, alhamdulillah ketemu situs www.islamhouse.com. Di situs itu saya mendapatkan e-book sederhana yang isinya membahas bagaimana para ulama menghafal al-Quran. Judul bukunya yaitu "Cara Praktis Menghafal Al-Qur'an" hasil karya Dr. Abdul Muhsin Al-Qasim (imam dan khotib masjid nabawi).

Dalam buku itu dipaparkan metode menghafal dengan cara mengulang bacaan sebanyak 20 kali setiap ayat. Buku ini sederhana dan mudah diterapkan. Menurut saya metode ini sudah sesuai dengan cara kerja otak dalam menyimpan informasi. Dengan 20 kali mengulang bacaan, terbentuklah koneksi antar neouron yang suatu saat bisa secara spontan diselaraskan. Untuk lebih jelasnya silakan unduh bukunya di sini.

O iya. Karena metode ini menekankan pada pengulangan, maka penting sekali untuk menyiapkan kesabaran dan ketekunan. Biasanya orang mudah bosan jika mengulang-ulang. Tapi, saya yakin jika kita punya motivasi bagus, insya Allah kita bisa melawan kebosanan itu. Jadi luruskan niat ya..

Cara meningkatkan daya ingat
Jika kita sudah berhasil menghafal beberapa ayat atau surat, tantangan selanjutnya adalah mempertahankan hafalan itu. Ternyata ini justru lebih sulit. Maka kita harus mencari cara bagaimana meningkatkan daya ingat.

Apakah daya ingat bisa ditingkatkan? Tentu saja bisa. Caranya yaitu dengan melatih otot memori kita. dalam buku itu juga dijelaskan bagaimana cara mempertahankan hafalan agar tidak hilang. Juga diajarkan bagaimana agar hafalan tidak berantakan karena banyak ayat yang bunyinya mirip satu sama lain.

Ada juga cara lain untuk meningkatkan daya ingat yang tidak dibahas dalam buku itu. Cara ini memanfaatkan hasil penelitian para ahli tentang otak. Menurut hasil penelitian terungkap bahwa otak sangat menyukai hal yang bersifat :
  1. Tidak masuk akal/ekstrem berlebihan
  2. Seksi
  3. Penuh warna
  4. Multi sensori (melibatkan lebih dari satu panca indera)
  5. Lucu
  6. Melibatkan emosi
  7. Melibatkan irama atau musik
  8. Tindakan Aktif
  9. Gambar tiga dimensi dan hidup/aktif
  10. Menggunakan asosiasi
  11. Imajinasi
  12. Simbol
  13. Nomor dan urutan
Jadi ketika menghafal suatu ayat, bantulah dengan imajinasi, libatkan emosi yang bisa membuat memori bertahan lama. Ayat al-Qur'an banyak berisi kisah dan sejarah kaum terdahulu. Hal itu saja sudah bisa membantu memudahkan menghafal al-Qur'an.

Tapi terus terang, metode ini belum sempat saya terapkan. Saya baru berencana mau menerapkannya. Jadi saya belum bisa membuktikan efektifitasnya. Nanti setelah saya mencobanya, saya akan melaporkan hasilnya di postingan berikutnya.

Sementara demikian dulu pembahasan tentang bagaimana meningkatkan kemampuan menghafal dan mengingat.  Mudah-mudahan bermanfaat.

Artikel Terkait:

5 komentar:

  1. Pengin juga menghafalkan surat2 al Quran terutama jus 30 biar bisa jadi Imam :)

    BalasHapus
  2. @baha andes : betul.. klo ga bisa hapal 30 juz ya ....minimal juz 30 bisa hapal. sekalian persiapan buat nanti sholat tarawih di bulan ramadhan...

    BalasHapus
  3. ya pengin sekali hafal minimal jus 30 buat persiapan jangka panjang yaitu jadi imam minimal dalam keluarga, iyakan?

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaykum, syukran ustadz postingannya :)
    gimana, udah dicoba tips mempertahankan? hasilnya?

    hmmm.. 20 kali pengulangan ya, insyaAllah dicoba. musykilahnya itu adalah smangat yang naik dan turun, kalau udah turun susah sekali dinaikkannya lagi T_T
    anyway, ini lagi semangat!!!! moga istiqomah, bi idznillah :)

    BalasHapus
  5. @Anonymous : semangat lagi turun nih sekarang... T_T. Ngapalin memang gampang..ngerawatnya yg susah..

    BalasHapus

Silakan komennya!