10 Februari 2012

Sekarang Google Adsense Resmi Menerima Bahasa Indonesia



Terhitung mulai tanggal 1 Februari 2012, Google Adsense (GA) resmi menerima bahasa Indonesia. Artinya bagi Anda yang punya blog atau pun website yang kontennya menggunakan bahasa Indonesia bisa menjadi penayang iklan yang dikelola oleh Google. Sehingga Anda yang ingin mendapatkan uang dari ngeblog bisa memanfaatkannya sekarang juga.

Berita ini sebenarnya sayup-sayup sudah terdengar sejak 6 bulan lalu. Cuma pihak google sepertinya tidak mau mengumumkan kapan tanggal persisnya. Tetapi kepastian akan hal tersebut semakin nyata setelah akun resmi GA muncul di twitter awal Juni 2011 lalu. Tebakan saya sendiri adalah awal Januari 2012 yang akan dipilih oleh google, eh ternyata salah. Yang bener adalah sebulan kemudian yaitu tanggal 1 Februari 2012.

Saya sendiri baru sempet posting soal ini sekarang. Sebab sudah sepekan ini saya sibuk sekali mencoba-coba bongkar pasang GA di beberapa blog yang saya kelola. Alhamdulillah sudah ada yang menghasilkan klik walaupun masih recehan. :D Tetapi yang penting peluang itu sudah terbuka sekarang. 

Asal tahu saja bahwa sebelumnya jika Anda memasang kode iklan GA di blog berbahasa Indonesia dianggap pelanggaran dan meskipun Anda mendapat klik iklan, tidak akan dibayar oleh Google. Hal tersebut terjadi karena bahasa Indonesia belum diterima sebagai bahasa yang menayangkan iklan google.  Jika Anda ingin mendapatkan bayaran dari iklan google, satu satunya jalan adalah Anda harus menggunakan bahasa Inggris atau bahasa lain yang sudah diterima. Akibatnya bagi orang yang tidak bisa berbahasa Inggris jadi sulit bergabung. 

Sekarang hal tersebut sudah tidak perlu terjadi lagi. Jika Anda punya bakat membuat konten yang bagus dan bermanfaat bagi orang banyak, sekarang saatnya memaksimalkan itu.



Artikel Terkait:

2 komentar:

  1. blog saya sudah coba daftar bahasa inggris dan indonesia tapi di tolak terus ya kang ? terima kasih kunjungannya

    BalasHapus
  2. @akang surya : Saya juga ga ngerti waktu itu kenapa diterima, bahkan sewaktu bahasa indonesia masih blm masuk GA. Coba aja lagi kang, pake akun yg baru. Mudah2an bisa... selamat mencoba. tks.

    BalasHapus

Silakan komennya!