01 Februari 2012

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda


Saya ini sebenarnya bukan termasuk orang yang menyukai hal-hal yang berbau otomotif khususnya motor. Namun bukan berarti saya tidak boleh menuliskan sesuatu tentang dunia otomotif. Saya kira bisa saja saya membahas tentang motor jika memang diperlukan. Contohnya artikel yang berjudul "Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda" ini adalah hasil dari reaksi spontan saya setelah membaca adanya kontes SEO yang di adakan oleh Honda.

Nah, selain mencoba menguji kemampuan SEO yang apa adanya ini, saya juga ingin menambah wawasan tentang dunia sepeda motor. Sebab meskipun sudah 4 kali ganti sepeda motor (3 diantaranya merek Honda), pengetahuan saya cuma sebatas mengendarainya saja. Bahkan urusan perawatan pun saya lebih suka menyerahkannya kepada bengkel AHASS.

Karena awam, saya tidak pernah peduli dengan urusan teknologi sepeda motor yang sedang trend. Bagi saya motor itu yang penting enak waktu mengendarainya. Namun dengan mengikuti kontes SEO ini, rasa ingin tahu saya tiba-tiba memuncak dan menuntut untuk segera mendapatkan jawaban.

Setelah saya mengubek-ubek semua artikel tentang teknologi PGM FI melalui mbah Google, akhirnya sedikit demi sedikit saya jadi tahu tentang teknologi yang menjadi trend sekarang ini. Berikut ini adalah sedikit yang akhirnya saya tahu dengan teknologi PGM-FI.



Apa itu Teknologi Injeksi? 
Bicara kata injeksi saya jadi ingat profesi dokter. Anda pasti tahulah, dokter biasa menggunakan jarum suntik untuk meng-injeksi obat ke dalam tubuh pasien. Istilah menginjeksi sama dengan memasukkan atau menyemprotkan. Dalam hal ini, sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi berarti mengisi BBM ke ruang bakar dengan cara disemprot/dimasukkan. Sebelumnya, sepeda motor menggunakan teknologi yang namanya karburator. Perbedaanya dengan injeksi adalah karburator menghisap BBM bukan menyemprot.

Injeksi dan karburator adalah teknologi yang mengatur bagaimana bahan bakar dan udara mengisi ruang bakar. Fungsi keduanya sama. Namun karburator adalah masa lalu dan kini sudah mulai ditinggalkan. Sekarang injeksi lah yang menjadi standar teknologi sepeda motor. Dalam urusan teknologi, ternyata Honda merupakan pelopor penggunaan teknologi Fuel Injection dan pertama kali diterapkan pada Honda Supra X 125 PGM FI tahun 2003.

Mengapa Teknologi PGM-FI Lebih Unggul? 
Keunggulan teknologi ini adalah hemat bahan bakar, sehingga pada akhirnya akan menghemat sumber daya alam dan biaya perawatan, mengurangi emisi gas buang untuk udara yang lebih bersih, mesin mudah dihidupkan pada kondisi apapun. Honda mengeluarkan istilah PGM-FI yaitu Programmed-Fuel Injection, di mana proses pencampuran BBM dengan O2 dilakukan secara terprogram. Karena terprogram maka situasinya bisa diatur sedemikian rupa sehingga penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien. Hal tersebut tidak bisa dilakukan dengan teknologi karburator.

Selain itu, PGM-FI memiliki peranan penting untuk menciptakan motor bertenaga, irit dan ramah lingkungan. Honda membuat sensor oksigen untuk menghasilkan emisi rendah sesuai dengan standar euro 3. Tak heran jika pada tanggal 23 November 2011, PT Astra Honda Motor (AHM) mendeklarasikan penggunaan teknologi fuel injection pada semua model sepeda motor yang diproduksinya di Indonesia hingga akhir tahun 2013. "Kami akan gunakan teknologi PGM-FI (Programed Fuel Injection) untuk semua rangkaian produk kami sampai 2013," kata Presdir AHM Yusuke Hori. (antaranews.com)

Bahkan Kepala Divisi Honda Customer Care Center PT. AHM, Istiyani Susriyati menegaskan,"Motor fuel injection akan menjadi harapan motor Honda di masa depan.” Hal itu dikatakannya ketika menggelar jumpa media dalam rangka "Honda Bikers Day 2011" di Kawasan Wisata Bromo, Probolinggo, Jawa Timur di penghujung tahun 2011 lalu. (antaranews.com)

Cara Kerja Teknologi PGM-FI 
Sepeda motor yang sudah menggunakan teknologi PGM-FI di mesinnya dilengkapi sensor TP, MAT, IAT untuk memberikan input ke ECM tentang jumlah udara yang mengalir di dalam mesin. ECM adalah sebuah rangkaian mini komputer yang berfungsi menerima sensor untuk memerintahkan penyemprotan jumlah bahan bakar dan waktu pengapian.

Ada pula sensor EOT untuk memonitor kondisi panas mesin yang akan dilaporkan ke ECM. Bisa dikatakan bahwa ECM adalah otak motor yang langsung terhubung ke komputer. Kemudian, ada sensor Bank Angle untuk memonitor kemiringan motor sekitar 60 derajat dan melaporkannya ke ECM. Fungsi sensor itu mematikan mesin motor secara otomatis jika motor terjatuh. Hal itu mengantisipasi ledakan motor akibat bocornya tabung bensin ketika motor terjatuh.

Terakhir, fitur MIL untuk menginformasikan segala sesuatu jika terjadi kerusakan pada sistem injeksi dan sensor ke pengendara berupa kode pengedipan lampu berwarna merah di layar speedometer.

Apakah teknologi ini mahal? 
"Perbedaan harga sepeda motor PGM-FI dengan karburator hanya Rp 250 ribu," ujar Hori. Diakuinya, perbedaan harga yang tipis tersebut ditujukan untuk mendorong penggunaan sepeda motor dengan teknologi fuel injection yang lebih ramah lingkungan. Makanya tidak salah jika dikatakan bahwa "Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda". Karena Honda merupakan pelopor penerapan teknologi PGM-FI.



Artikel Terkait:

3 komentar:

  1. Ikut Kontes Juga Gan? Selamat mengikuti ya... Semoga Sukses dengan keyword Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda. Traktiran Ya, kalau menang...

    BalasHapus
  2. @Yayan Suryana : Iya gan...mudah2an do'a agan terkabul. :D Amiin.

    BalasHapus
  3. MANTAP DAN SANGAT INFORMATIF, please kunjungan balik Bro! -Rudyanto Lay

    BalasHapus

Silakan komennya!