31 Januari 2012

Do'a Agar Terhindar dari Kemalasan

Dalam postingan sebelumnya, saya telah menguraikan bagaimana caranya mengatasi rasa malas. Setidaknya ada tiga tips yang bisa dicoba apabila kita ingin mengatasi rasa malas. Namun jika ketiga tips itu ternyata tidak mempan, mungkin memang hati Anda sedang keras. Anda memang terlahir jadi pemalas. He...he....nikmati aja kemalasan itu. Sampai Anda merasakan akibatnya. 

Namun bagi mereka yang dalam hati sanubarinya masih punya keinginan untuk jadi orang yang rajin tentu saja harapan itu masih ada. Anda perlu pasrahkanlah jiwa dan adukan persoalan ini kepada Dzat yang jiwa kita ada dalam genggaman-Nya. Mintalah kepada Allah SWT agar rasa malas bisa hilang.

Do'a ini merupakan do'a yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada seseorang dari kaum Anshor yang biasa dipanggil Abu Umamah. Orang ini kepergok oleh nabi berada di masjid di luar waktu sholat. "Wahai Abu Umamah, kenapa aku lihat kamu berada di masjid di luar waktu sholat?". Dia menjawab,"Kegelisahan yang menggelayutiku dan hutang Ya Rasulullah".  Beliau berkata,"Maukah aku ajarkan sebuah perkataan yang apabila kamu ucapkan, Allah akan menghilangkan kegelisahanmu dan menghapus hutang-hutangmu?" Dia menjawab,"Tentu aku mau ya Rasulullah.." Beliau berkata lagi,"Ucapkanlah setiap pagi dan sore hari mu :
Ya Allah ya Tuhan kami, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan dukacita, aku berlindung kepada-Mu dari lemah kemauan dan malas, aku berlindung kepada-Mu daripada sifat pengecut dan kikir, aku berlindung kepada-Mu daripada tekanan hutang dan kezaliman manusia.” (HR Abu Dawud 4/353)
Orang itu berkata," Akupun mempraktekkan do'a ini. Lalu Allah menghilangkan rasa gundahku dan menghapus hutang-hutangku." (HR Abu Dawud)


Tentu saja hutang-hutang tidak bisa selesai hanya dengan do'a. Jika kita baca do'a tersebut lebih seksama, maka akan kita temukan urut-urutan untuk membebaskan diri kita dari hutang. 


Pertama, hindari keluh kesah, maka kita pun akan terhindar dari perasaan duka cita. 
Kedua kuatkan kemauan maka kitapun akan terhindar dari rasa malas. Jika tahapan itu bisa kita capai, maka kita jadi orang optimis dan rajin berusaha. Insya Alloh setelah itu Alloh SWT memberikan jalan keluar. Bisnis mulai dapat untung dan tambah berkembang. Lalu yang ketiga adalah hutang-hutangpun dapat dilunasi.


Demikianlah. Silakan coba diamalkan. Mudah2an berkenan.







Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komennya!