04 Januari 2012

Pentingnya Target Ngeblog

Membaca artikel dari kang Yudi di blogodolarnya, saya jadi merasa perlu bikin target terhadap blog ini. Tadinya saya belum kepikiran, apakah perlu bikin target atau tidak. Masalanya, jujur aja, saya belum merasa mengetahui apa yang saya mau. Mungkin lebih tepatnya terlalu banyak yang saya mau, jadinya bingung sendiri mana yang dipilih. Tetapi setelah membaca artikel dari kang Yudi itu, saya jadi sadar kembali. Saya harus memilih dan memutuskan satu apa yang saya mau dan mengapa saya memilih keputusan seperti itu.

Sebab jika saya melakukan apa pun (termasuk ngeblog), tanpa tujuan dan target yang jelas, benar-benar sebuah malapetaka. Saya tidak akan sampai kemana-mana. Tujuan harus ada dan harus jelas. Banyak hal yang membuat tujuan jadi tidak jelas termasuk di antaranya adalah terlalu banyak yang diinginkan. Itulah yang saya alami sekarang. Dan saya tidak ingin mengulanginya lagi. (Tobat mode : ON)

Dengan adanya target dan tujuan yang jelas, mudah-mudahan saya bisa fokus. Selama ini, saya juga sulit untuk memfokuskan diri terhadap satu hal. Sebabnya adalah target yang sudah saya tetapkan kadang-kadang terlupakan. Karena saya terlalu mudah tergoda oleh hal-hal yang lain yang bersifat spontan dan ada di depan mata. Energi saya pun akhinya banyak terbuang dan tidak maksimal.

Contohnya, saya sudah tetapkan target saya adalah A. Eh pas dalam perjalanan menuju A, saya lihat B lebih bagus tuh, lalu dengan mudah saya pindah ke B. Sedang asyik menuju B, ada lagi C lewat di depan mata. Saya lantas tergoda lagi untuk mengikuti C sebagai target. Akhirnya waktu tak terasa habis hanya untuk berpindah-pindah target. Sudah pasti, saya tidak bisa mendapatkan apapun. Meskipun saya sampai ke A, tapi dengan kualitas yang pas-pasan. Itulah kondisi yang ingin saya ubah sekarang ini.

Jadi rumusnya adalah tetapkan target. Lalu fokuskan diri terhadap target itu. Selesai.

Sekarang cukuplah mengembalikan kesadaran dulu akan pentingnya sebuah target. Insya Alloh, pada postingan selanjutnya saya akan paparkan target tukangeblog untuk tahun 2012 ini. 


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komennya!