17 Maret 2012

Bagaimana Agar Bisa Disiplin Ngeblog?

Banyak yang beranggapan bahwa orang yang disiplin adalah orang yang bisa konsisten dalam menjalankan sesuatu, entah itu olahraga, ibadah, menjaga pola makan atau aktivitas kreatif lainnya. Jika tidak ada kebiasaan dan konsistensi bagaimana mungkin bisa jadi disiplin. Begitulah anggapan yang umum terjadi. Lalu bagaimana dengan disiplin ngeblog?

Sebelumnya agar lebih jelas duduk perkaranya, mari kita simak dulu apa arti disiplin.

Disiplin asal katanya dari bahasa Inggris yaitu discipline. Akar kata discipline itu sendiri adalah disciple (bahasa latin) yang berarti pengikut (follower) atau murid. Dalam artikel Wikipedia dikatakan bahwa disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya, termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.

So, jika Anda ingin menjadi orang yang disiplin ngeblog, Anda harus memiliki nilai-nilai yang melatar belakangi kenapa Anda ngeblog. Motivasinya apa? Ketika Anda ngeblog, Anda sedang termotivasi terhadap sesuatu yang bernilai bagi Anda. Itulah modal utama untuk menjadi orang yang disiplin. Tanpa itu, tips yang akan saya uraikan berikut ini mungkin tidak akan berlaku alias percuma.


Tips agar bisa disiplin ngeblog.

1. Lakukan posting secara rutin dengan mulai dari frekuensi yang mudah dulu.
Apapun kegiatannya, mau ngeblog atau lainnya, cara agar kita jadi orang disiplin adalah memulainya dari hal-hal yang mudah namun jangan terlampau mudah. Sebagaimana yang dikatakan Steve Pavlina (stevepavlina.com), analogi belajar disiplin adalah seperti latihan mengangkat beban untuk membangun otot. Ini berarti mengangkat beban sampai mendekati batas kemampuan/kekuatan.

Anda mengangkat beban sudah pasti yang mampu Anda angkat. Anda memaksa otot-otot Anda sampai Anda tidak kuat lagi dan kemudian beristirahat. Anda tidak akan mendapatkan kekuatan dengan mengangkat beban yang tidak mampu Anda angkat dan sebalikanya Anda juga tidak akan mendapatkan kekuatan dengan mengangkat beban yang terlalu ringan. Anda harus memulai dengan tantangan yang dapat Anda jalani, tapi untuk melakukan hal itu, Anda harus bersusah payah sampai mendekati batas kekuatan.
Sekarang tanyakan diri sendiri, berapa frekuensi update blog yang mampu Anda lakukan? Jangan berharap Anda bisa rutin update blog setiap hari, jika update seminggu sekali saja Anda belum mampu. Tetapi jangan pula menargetkan update seminggu sekali jika Anda sebenarnya sudah biasa udpate setiap 3 hari sekali. 
2. Bersikaplah progresif.
Ketika Anda sudah berhasil mengupdate blog seminggu sekali selama enam bulan berturut-turut, cobalah tingkatkan menjadi dua kali seminggu untuk enam bulan berikutnya. Sebab jika Anda tidak menambah tantangan, Anda tidak akan mengalami kemajuan. Lakukanlah peningkatan secara bertahap agar kedisiplinan Anda membawa kepada kemajuan.

3. Percayalah bahwa disiplin hanyalah mitos.
Lha koq? Ya...Karena mitos, pada akhirnya Anda tidak perlu merasa bersalah jika tidak bisa menjadi orang yang disiplin. Coba simak apa kata Leo Babauta (zenhabits.net) dalam sebuah artikelnya yang berjudul "Discipline is an Illusion". Leo mengatakan untuk bisa melakukan dua hal tersebut di atas (point 1 dan 2) Anda tidak memerlukan konsep disiplin. Anda hanya perlu membangun kebiasaan.

Caranya sebagaimana yang disebutkan di point 1 dan 2 yaitu mulai dari kegiatan-kegiatan kecil agar lebih mudah menjadikannya kebiasaan. Lakukan hal kecil tersebut dengan konsisten selama kurun waktu tertentu (mulai dari seminggu hingga sebulan) tanpa terlewat sehari pun. Begitu sudah menjadi kebiasaan, Anda bisa mengembangkan lagi untuk kegiatan yang lain. Membangun kebiasaan itulah yang Anda butuhkan, bukan disiplin.

Bagaimana, apakah Anda punya pendapat lain agar bisa disiplin ngeblog? Let's share!



Artikel Terkait:

2 komentar:

  1. kalo dari pendapat saya mengenai blog anda adalah komposisi iklan yang anda tempatkan dan posisinya juga kurang mengundang pembaca untuk mencoba iklan anda....hanya sedekar saran aja mas :-)

    BalasHapus
  2. @download software : tks atas sarannya... meskipun OOT. :D

    BalasHapus

Silakan komennya!