07 April 2012

Pentingnya Jalan Kaki untuk Tukangeblog

Family walk
© Photographer: Brad Calkins
Agency: Dreamstime.com
Tukangeblog atau blogger adalah mahluk yang sudah ditakdirkan untuk menghabiskan sebagian besar waktunya di depan komputer. Memang itu bukanlah kutukan tetapi sebuah pilihan. Sehingga sebagai blogger, Anda tetap bisa menikmati kehidupan dengan penuh gairah. Tetapi seyogyanya atau sesolonya atau sejakartanya.... :) , sebagai tukangeblog harus tetap waspada terhadap dampak negatif berlama-lama di depan komputer.

Dampak negatif tersebut antara lain adalah nyeri dan pegal pada bahu, leher, maupun pinggang. Kemudian jika terlalu lama membungkuk ketika memandang monitor juga bisa menyebabkan bentuk tubuh tidak normal.  Belum lagi soal mata yang bisa perih jika rata-rata 8 jam sehari memandang monitor yang menyala. Jari tangan juga bisa kaku lantaran terlalu lama dalam posisi menekuk. Pokoknya banyak deh.. dan serem-serem kan? Naudzubillah... Mudah-mudahan kita semua bisa terhindar dari semua bahaya itu. Amin.

Lalu bagaimana caranya agar bisa selamat dari dampak negatif seperti itu?

Jalan Kaki.
Ya! Jalan kaki. Ada banyak bukti di sekeliling kita bagaimana hebatnya manfaat jalan kaki. Saya sendiri menyaksikan seorang tukang bubur kacang ijo masih bertahan menjadi tukang burjo hingga hari ini. Orang itu masih sehat dan tampaknya masih belum tua. Padahal seingat saya, ia berjualan burjo sejak saya masih SMP. Berarti sudah 20 tahun ia setiap hari berjalan kaki sambil mendorong gerobak burjo. Tak terhitung berapa kilometer sudah jarak tempuh jalan kakinya. Hasilnya? Hingga sekarang saya masih sering membeli burjo sama dia dan melihat betapa orang itu masih segar dan kuat.

Intinya adalah Anda harus punya kegiatan yang bisa disebut olahraga. Jika Anda termasuk orang yang malas olahraga, jangan dulu membayangkan olahraga semacam jogging, futsal, bersepeda, angkat beban, atau yang berat-berat lainnya. Tidak usah. Sebab kemalasan Anda akan tetap menahan Anda untuk mencoba olahraga seperti itu. Tetapi cobalah cari olahraga yang paling ringan, mudah dan murah, yang Anda tidak bisa menghindarinya yaitu jalan kaki.

Mungkin Anda mengira bahwa jalan kaki itu bukanlah olahraga. Kenyataanya, yang namanya jalan kaki justru merupakan olahraga yang sudah built-in di dalam kehidupan kita. Oleh sebab itu, sekarang yang diperlukan hanyalah mengatur agar frekuensi jalan kaki bisa lebih ditingkatkan.

Masalahnya, sebagai blogger justru sulit beranjak dari kursi lantaran memang sudah tenggelam oleh keasyikan berada di depan komputer. Bahkan untuk makan saja kadang bisa lupa. Mandi juga sering pas sudah siang banged (ayo..ngaku ya..!). Akibatnya, jumlah waktu untuk berjalan kaki menjadi sedikit sekali.

Padahal manfaat jalan kaki sangatlah besar. Berikut ini 10 manfaat jalan kaki yang sudah terbukti kebenarannya :
  1. Menjaga kesehatan jantung.
  2. Mencegah penyakit kencing manis.
  3. Meningkatkan koresterol baik (HDL), dan mengurangi yang jahat (LDL).
  4. Mengurangi tekanan darah.
  5. Mengatasi kelebihan berat badan.
  6. Memperbaiki mood.
  7. Menjaga stamina agar tetap fit.
  8. Menyehatkan pencernaan.
  9. Baik untuk otak.
  10. Baik untuk tulang dan persendian sehingga bisa mencegah osteoporosis.
Jadi...jangan melototin monitor terus. Sekarang juga...bangun dan keluar lah sebentar menikmati suasana alam sekitar sambil beli sesuatu di warung dekat rumah Anda (yang jauh juga boleh sih). Atau jika Anda muslim, alangkah baiknya setiap sholat yang lima waktu, Anda coba berjalan kaki ke mushola/masjid untuk sholat berjamaah. Atau sesering mungkin, antar anak Anda ke sekolah dengan berjalan kaki jika memungkinkan. Pokoknya setiap ada kesempatan pergi ke suatu tempat yang tidak terlalu jauh, lakukanlah dengan jalan kaki. Insya Alloh, kesehatan dan keberkahan akan selalu bersama kita. Amiin.


Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. If you would like to get a great deal from this piece of writing then you have to apply these techniques to
    your won website.

    Also visit my site: ecigarettes

    BalasHapus

Silakan komennya!